Notice: Undefined variable: ub in C:\web\htdocs\sw-library\sw-function.php on line 1403

Notice: Undefined variable: ub in C:\web\htdocs\sw-library\sw-function.php on line 1427

Notice: Undefined variable: ub in C:\web\htdocs\sw-library\sw-function.php on line 1467
Pemuda - DisporaBandung

Pemuda

Pemuda sebagai agen perubahan (agent of change) memiliki peran strategis terhadap akselerasi pembangunan nasional, hal tersebut dilatarbelakangi oleh kekuatan moral, ekonomi dan fungsi kontrol sosial pemuda, sebagai perwujudan peran serta pemuda dalam pembangunan.

Prestasi pembangunan manusia Indonesia yang dipresentasikan dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) relatif masih kurang baik dibandingkan negara-negara tetangga di lingkup ASEAN. Menurut Human Development Report 2014, HDI Indonesia sebesar 0.684, yang berada dalam peringkat 108 dari 185 negara yang disurvei oleh UNDP dan termasuk kelompok Medium Human Development . Peringkat ini masih berada di bawah Thailand (89), Malaysia (62), Brunei Darussalam (30) dan Singapura (9). Sehubungan dengan hal tersebut, energi dan kreativitas pemuda yang tak terbatas, perlu didorong dan disalurkan melalui sistem Pembinaan kepemudaan yang komprehensif.

Pemuda sebagai kelompok umur terbesar di Indonesia sebanyak 62.775 juta jiwa atau 27,31 % dari jumlah penduduk Indonesia (data single years Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2009), memiliki potensi ekonomi yang penting dalam perkembangan dan pembangunan ekonomi di Indonesia. Bahkan di beberapa negara maju yang memiliki struktur penduduk piramida terbalik, dimana jumlah pemudanya lebih kecil dibandingkan usia tua menimbulkan kekhawatiran karena semakin besar rasio ketergantungan yang harus dipikul oleh usia produktif.

Baca Artikel Lainya :

Komentar :

Copyright © 2017 DisporaBandung / Design By: Dispora Bandung